Solid Bar-Bar Inspection

Beberapa hari ini saya di lapangan, 4 hari berjalan, saya dapati ini, bahwa kita sangat bar-bar di lapangan. hampir-hampir tak ada kontrol. saya melihat itu di proses kami. saya menyaksikan itu di tempat kami, m28. 

Inspection kita sangat bar-bar. Solid kita sangat bar-bar. Apalagi solid kuning yang kita gunakan? sangat banyak. apa yang terjadi? Mengapa terjadi seperti ini? bagaimana Qualiti kita? seperti tak ada Quality. Bahkan inspection merah pun, sangat bar-bar. 

apa saja yang mempengaruhi pola bar-bar ini? satu jadwal kita sangat padat: sangat padat, sehingga fit-up pun, tidak terjadi, diamati secara utuh... apa yang terjadi sesungguhnya di perusahaan kami? 

saya kerap mendapatkan ini dari teman, "Quality disini, bullshit, yang ada kita itu Quality Progress."

__

kemarin-kemarin, saya kerap mencoret pakai solid merah: sat-set-sat-set. apakah memang seperti ini? sebar-bar ini menjadi QC? Sepertinya saya akan ngobrol sama Client perihal ini, tolak ke bar-baran ini. dikejar jadwal oke, tapi tidak sebar-bar ini. 

__

pertama, fit-upan hampir tidak diperiksa. matrix box hampir tidak diperiksa. yang ada cas-cus berjalan. cas-cus bekerja. cas-cus weldingan. mereka dikejar waktu. "Oh my good". weldingan, di kami pun, mulai dipermudah oleh bertebaran solid kuning. apa yang terjadi? QC yard memberikan solid kuning ke Subcont. jangankan solid kuning, solid merah pun QC subcont memegang. tentu saja, kami, solid merah juga memegang. oh my good. apa-apaan ini semua? 

saya yang terbiasa dengan DNV, tentu saja melihat pola begini banyak pertanyaan. atau saya yang memang baru saja menjadi QC sehingga banyak protest karena pelaksanaan tidak tidak prosedur. Jumping proses. 

kadang saya berpikir:

apakah saya perlu menyampaikan eluh-eluhan ini ke pak willem, supaya besok menolak untuk release? supaya visual realease tidak terburu-buru dan cepat. release kok masih banyak pekerja. visual realese kok banyak out standing. visual release kok belum clear pekerjaan. visual realese kok welingannya masih jelek2. belum lagi, banyak yang satu pas. 

atau

karena saya baru, dan saya terbiasa dengan DNV, sehingga saya banyak protes; karena kerap melihat kesempurnaan visual, lalu dilapangan syaa dapati ancur-ancuran. DNV berkata kepada saya, "Visual di lapangan, Teruk. saya geleng-geleng." 

sejauh saya amati, yang paling bagus visual ada M28, tapi ya itu, ternyata setelah coat, masih banyak yang kurang, masih banyak yang bolong.

__

  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kronologi EI & Piping Support

Solid Marker Yellow dan Karakter Orang2nya

Preparation For Test Welder Qualified ke Luar Negeri