Sejenak melihat perihal CSWIP dan kelengkapannya

 Malam itu, saya sejenak melihat list tentang CSWIP (certification Scheme welding inspector) yang saya minta dari teman: sejenak saja membuka, namun butuh waktu untuk menyekrol-sekrol sejenak isinya.

Yang saya dapati adalah:

1. Keinginan untuk membaca list² itu.

2. Setelah keinginan membaca, adanya kemauan untuk mengerti.

3. Adanya keinginan untuk menyingkronkan dengan lapangan.

Bacaannya banyak, banyak hal juga yang harus dimengerti. Banyak hal juga yang penting ditanam oleh pikiran.

Sesuatu yang dilapangan, terkesan simpel dan sederhana, namun saat membaca list, tidak jadi simpel, melainkan semua proses harus dimengerti sedetail mungkin. Tentu saja ada tahapannya. Saya harus menyadari itu, ada tahapannya. Sekarang saya di tahap yang paling rendah. Persiapan menuju pertengahan.

Proses yang harus dipahami adalah mulai dari sebelum mengelas, saat mengelas, hingga setelah mengelas. 

Tidak sesimpel itu, fakta-keilmuannya. Banyak. 

Sekali pun banyak, perlahan-lahan perlu didetailkan lagi capaiannya. Perlu didetailkan lagi pembacaannya. 

Caranya, sejenak membaca panduan sesaat lewat bahasa indonesia. Kedua, menyalin buku. Ketiga, mengerti arah persoalan yang dihadapi untuk test penilaian. Keempat, semangat.

Bersamaan dengan itu, saya jadi teringat tentang saudara-saudaraku yang kala itu, sibuk belajar dan sibuk memahami. Semangat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kronologi EI & Piping Support

Solid Marker Yellow dan Karakter Orang2nya

Preparation For Test Welder Qualified ke Luar Negeri