Apa yang saya dapatkan sejauh ini selama di welding scholl?

 Pertama, bola mata saya semakin paham mana yang defect dan mana yang bukan. Defect bagi saya sudah menjadi kebiasaan. Saya mencermati, paling banter incomplete penetration pada root dan underfill pada capingan weldingan. Setiap pagi saya selalu memberi intruksi point-point yang saya sampaikan kepada para peserta, minim secara teknikal melainkan pada aturan saat pengerjaan dan memberi kisi-kisi seperti ini: root makimal pada 2 mm dan capingan maksimal 3 mm, full weld, run off weldingan, dan saya menolak adanya cheating.

Kedua, saya semakin hari semakin sibuk di welding school karena Perusahaan memerlukan banyak welder. Kesibukan di welding school pagi-pagi ialah brefing sejenak, mengingat aturan. Kedua, cek root mana yang sudah dan mana yang belum. Kesibukan yang lain adalah control orang-orang welding. Saya belum begitu mengamati perihal mesin dan laju mesin serta timer mereka; ini tentu kekurangannya. Sejauh ini mengamati masih secara teknikal mereka test dalam kondisi yang bersih dan tidak dibantu yang lain. Saya kurang menjelaskan perihal Welder Prosedur Spesification (WPS)—Next saya akan memajang WPS jelas-jelas di papan sebelum mereka fit-up, agar mereka mengerti tentang itu.

Ketiga, saya sibuk untuk visual root, cek root mereka yang sudah jalan. Mereka selesai root, maka saya mengecek apakah bisa melanjutkan atau tidak. Itu keputusan saya. Yang gagal di root yakni incomplete penetration welding. Ini terjadi kepada banyak peserta; banyak peserta jadinya waktu saya tersita banyak di welding school. Pertama, cek root yang banyak, dan control man power yang banyak. Hmm ini terkesan point-pointnya saja; terkesan simple, aktualnya itu lebih banyak, saya penting mengurai lebih banyak dari itu. Next tiap hari saya akan update status harian.

 Keempat, sebagian saya mulai mengenal para welder yang akan masuk pada project kami. Sedikit demi sedikit tentunya, tidak banyak. welder-welder yang lolos akan bertemu saya dan akan menyapa saya. yang sinis juga banyak. tapi tak apa, itulah resiko menjaga welder test.

2023

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kronologi EI & Piping Support

Solid Marker Yellow dan Karakter Orang2nya

Preparation For Test Welder Qualified ke Luar Negeri