Weld Map



Malam ini saya belajar tentang Weld Map... yakni peta pengelasan. Peta pengelasan itu dibuat oleh engginer. Kita para pekerja mengacu pada peta pengelasan itu. Kita tinggal mengelas bagian-bagian mana, apakah single bevel atau double bevel, ataukah J bevel atau yang lain. 

Oke... secara teoritis saya mengerti polanya. Begini. Andai kita membuat meja dengan dua kaki dan penahannya. Itu bagian material dari meja. Nah kita melihat weld map pada drawing, perihal itu: nantinya akan muncul tentang detail² peta weldingannya.


Secara faktual saya kurang mengerti bagaimana cara meminta weld map dari docoment control. Apakah saya meminta weld map pada tiap² satu joinan: misal pembuatan "Det" 26, Page 12: apakah tiap hari meminta weld map? Saya kurang detail memperhatikan apakah Pak Ali meminta weld map tiap harinya? Sepertinya, untuk Det, minim sekali ia meminta: mungkin dulu meminta, tapi sejak saya masuk, dia jarang meminta. Yang diminta adalah asembbly, itu pun general dan dibaliknya, rinciannya: selebihnya minim, atau saya kurang memperhatikan lebih lama perihal drawing yang dipegang Pak Ali. Sial.

Dari itulah saya bertanya kepada instruktur utama saya, bagaimana meminta weld map: diberikan jawaban, diberikan list untuk pengambilan, oke nanti siang mengambil weld map.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kronologi EI & Piping Support

Solid Marker Yellow dan Karakter Orang2nya

Preparation For Test Welder Qualified ke Luar Negeri