welding school and harapan menguasai

Saya hari ini dan kemarin, dan kemarin, sudah tiga hari berkutat pada persoalan welder test, test welder. Hari ini, mulai pagi saya stand by di tempat welding school, tempat orang-orang tes, stand by dalam arti mengawasi orang-orang yang sedang ujian untuk welding. mengawasi ujian? keren sekali bukan tugas saya, belum apa-apa sudah mengawasi tugas welder; baru beberapa hari sudah mengawasi welder. tapi kala dipikir sebelumnya hampir sama, saya mengawasi welder, hanya saja saya tidak bisa menolak, hanya menggerutu kalau weld-weldannya buruk. selain welderan buruk, juga memalukan buat owner; pekerjaan saya sebelumnya mengawasi tapi tidak bisa memastikan bahwa saya menolak mereka menjadi orang yang akan bekerja di project saya.

saya adalah orang yang mengawasi mereka untuk hasil testnya, walau keputusan saya tidak sepenuhnya dari saya, namun saya terlibat didalamnya--kalau melihat kasus kemarin, maka saya tidak terkesan tidak ada kaitannya. tidak ada hubungannya, terkesan seperti itu; karena saya tidak memutuskan sesuatu.

hari ini saya sudah mempunyai keputusan, saya telah membuat keputusan itu, tinggal mengeksekusinya. saya memutuskan besok untuk memberi tanda kepada mereka. saya memutuskan besok karena tidak setega itu memberikan hasil kepada mereka yang baru saja selesai bekerja. setelah selesai mengerjakan, langsung direject, padahal ia berharap besar diloloskan. ini perihal cara saja, walau sebenarnya saya terkesan tidak mengambil tindakan lagi, pikirnya begitu, besok pagi, saya akan mencoret-coret itu.   

**

Tiga hari berada di welding school, membuat pikiran saya resah, sehingga kadang saya melangkah ke project no 4. saya ingin mengetahui progressnya. saya ingin mengonfirmasi antara data tulisan dan data lapangan. saya belum sepenuhnya mempunyai gambaran utuh tentang apa yang saya kerjakan. saya belum mempunyai tangkapan penuh terhadap apa yang harus saya lakukan. minimal pikiran saya terpicu untuk mencari sesuatu yang kurang. saya harus bisa fit-up dengan segera, saya haru sbisa melakuan banyak hal dengan segera, mustahil? semoga diperlancar.

**

mendapat sebuah saran bahwa baiknya besok bisa melakukan sesuatu untuk project no 4, dimana itu status kerja yang asli. bisa untuk fit up, bisa untuk visual welding, bisa untuk pengukuran dimentional, bisa koordinasi sama enginerrnya, bisa mengecek tentang orang-orang yang welding, bisa mengecek tentang orang-orang yang melakukan sesuatu. bisa membaca-baca standar kode, bisa memahami. ukuran-ukuran yang diberikan owner. saya menyetujuinya, dan yang bisa dikerjakan, kerjakan, yang belum sempat, ditunda lalu kapan-kapan dilanjutkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kronologi EI & Piping Support

Solid Marker Yellow dan Karakter Orang2nya

Preparation For Test Welder Qualified ke Luar Negeri