Waktu seakan cepat berlalu

Waktu seakan cepat berlalu. Bagi orang lama, tentu saja hal-hal ini (pengetahuan dan jalinannya) kurang menantang untuk dipikirkan, yang dipikirkan adalah bagaimana progress berjalan, bagaimana pekerjaan terkontrol; mereka bekerja mengikuti alur kebiasaan, kebiasaan jalinan demi jalinan; kebiasaan ini ke itu, itu ke itu; comentar sana dan sini, complain sana dan sini, lalu review and chek sana-sini, barulah sign. Begitulah mereka, yang mempunyai pemahaman utuh terhadap contruksi, mereka minim merasakan lelah yang sungguh --walau pada dasarnya tubuhnya stand by juga lelah, namun tetap saja, mereka mendapati lelah, hanya saja, cara pikirnya yang lebih tenang, cara pikirnya yang lebih mapan.

Saya tentu sangat pemula. Membaca koneksi sana dan sini. Bahkan hari ini saja, terkesan kesusahan, padahal bagi mereka ini perkara pembukaan. Sekali pun pembukaan, karena ini ada jalinan sana dan sini, sama halnya proses yang penting. Okelah, saya sisihkan dulu jalinan pikiran saya dulu.

__

Rankaian kalimat diatas terjadi, karena saya baru saja membaca perihal cara fit-up dan visual, serta pembuatan report untuk keduanya. Ada petunjuknya, ada beragam ukuran dan jenisnya. Saya belum benar-benar menangkap itu semua di dalam pikiran saya --okelah, mungkin sebagai pemula itu dimaklumi, apalagi statusnya masih seperti saya... mentok-mentok saya disuruh untuk visual sana dan visual sini, tapi tidak, tidak mentok sana mentok sini. Saya perlu memahami semua itu sekaligus:

Saya harus bisa menanamkan seluruh code-code dan alur kerja didalam pikiran saya secara benar. Tidak hanya menanamkan, melainkan sekaligus rumusnya.

Anggap saja, setelah material oke; selanjutnya saya harus menyadari perihal fit-up dan ukuran serta tolerasinya, selsnjutnya, report fit-up, yang darinya akan turun, weld map (yang akan diweld), welder. Diteruskan dengan inspeksi, dan send data perihal inspeksi. Alur itu harus lengkap dan tertanam secara benar. Secara benar adalah secara prosedur. Beginilah teknik. Selalu ilmu pasti, dan yang dilakukan adalah begitu-begitu saja (saya tidak menganggap itu-itu saja, karena belum paham benar; sekali pun paham benar, ia pun sabar menunggu waktu dan siap review dan check).


**

Telah tiga hari saya bekerja. Hari ini saya merasa kesulitan untuk memutuskan. Tentu ini kali pertama, menjaga welder tes, saya pun bolak-balik bertanya pada instruktur utama perihal ini. Saya cet sana dan cet sini. Dan ini kali pertama (saya tidak ingat apakah yang saya rasakan kali ini adalah yang pertama? Bila kemarin was-was mengambil keputusan, dengan alasan ketidaktahuan, kali ini hampir sama; hanya saja belum pernah menjumpai class) saya menjadi QC. Setelah melihat DNV, saya baru menyadari bahwa QC memang harus sedikit kata, bicara, dan tidak beramah-tamah; sebab ia mempunyai ukuran. Sudah punya ukuran, sudah, pergi.

Untuk hari ini, tentu saja saya kurang mendapatkan sesuatu, besok saya membawa berkas yg sudah diprint, dan besok mereview itu.. yang pasti, waktu terasa cepat berlalu.

**

1. Welder test, belum fix saya-nya, secara teori dan konseptual

2. Prepare understanding jalinan kerja dan memahami gambar dan detail.

3. Terkesan terburu oleh waktu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kronologi EI & Piping Support

Solid Marker Yellow dan Karakter Orang2nya

Preparation For Test Welder Qualified ke Luar Negeri