Partisipan Review Realese For Painting and Request NDT

Partisipan Review Plate Realese for Painting and check Plate for request NDT

**

Scope of work:

1. Check and review Plate for Painting

2. Check and review Plate for Request NDT 


**

Office Utama

Pukul 15.00 sore hari, saya keluar dari ruangan utama office perusahaan. Ruangan yang tampak dari luar terkesan biasa, minim estetiknya, berbentuk kubus, tepat seperti office-office fabrication atau shipyard. Tapi ya dari luar tidak biasa, lumayan baguslah--toh secara esensial bentuk ini bukan diwajibkan untuk bernilai estetik. Bagi orang-orang proyek, ruangan ini sudah lumrah. Yang pasti isinya, yang pasti fungsinya. Yakni ruangan demi ruangan per departemen: ada ruangan Quality Control, ada ruangan Comercial, ada ruangan engginering, HRD, Staff yang lain, Visitor, Owner, hingga director. Di ruang itulah mulai sehabis siang saya stand by, hingga pukul 15.00 kami keluar. Diantarnya kami ke departemen masing-masing, termasuk saya ke departemen QA/QC Welding Inspector. 

Saya dan Puspa berkenalan secara singkat di departemen itu. Saya berkenalan singkat, maklum, rame. Just nama dan jabatan. Selain itu, mereka sangat antusias pada Puspa. Antusias karena tubuhnya yang besar dan gede. Puspa adalah orang document control yang baru. Puspa bakal tinggal di ruangan office utama ini: ruangan kotak memanjang yang berisi penuh layar komputer. Setiap orang berhadapan dengan layar, setiap orang sibuk dengan layarnya masing-masih. Kebanyakan perempuan, satu dua yang laki-laki. Di ruangan ini, ada yang menyapaku, perempuan itu, perempuan orang yang sama dengan projectku. Sejenak ia bergurau, perihal namaku --wajar, nama saya ada yang mempopulerkan di kanca nasional, hingga international. 

Perkenalan usai. Saya diantar ke lokasi dimana saya akan menetap stand by disana. Saya bertanya, alat apa saja yang saya dapatkan. Nanti saja. Tunggu. Katanya. Kita akan ke container, katanya.

Kami melangkah masuk "gate", inilah jalan utama untuk memasuki area kerja: semua orang yang lalu lalang menuju office pusat pasti melalui jalur ini. Setiap orang yang mau ke kantin pasti lewat jalan ini. Setiap orang main contractor yang mau face-cek pasti lewat jalan ini. Yakni, jalan yang lebar kira-kira satu setengah meter, dipagari jerusi besi laiknya tralis. Mobil² orang main contractor terpakir diantara itu. Tidak jauh dari pintu (gate: orang safety menyebutnya ini adalah jalur green zone) sudah mulai nampak container-container.

Container

Container itu, menurut penjelasan safety saat perkenalan map location, adalah ruang-ruang yang disediakan untuk sub-contraktor dan macem-macem ruangan lainnya, seperti mushola dan kamar buang air besar/kecil. Container itu bertingkat dua. Satu container dasar, dua container atasnya. Diantara keduanya ada acces menuju container yang lantai 2. Saya diarahkan ke departemen QC, itu tujuannya. 

Containernya tidak jauh dari kantor utama, berjalan pun tidak ada waktu 5 menit, atau 5 menitan, kurang-lebih. Container itu paling pertama saat kita berjalan dari office. Dan saya memasuki container itu. Berkenalan sesaat, hingga kemudian dianjurkan untuk mengikuti Pak Ali. Ia berkata, ke musola dulu, solat. Muslim kan? Oke. Saya mengikuti dari belakang. Awalnya, ia menuju arah laut. Selang beberapa langkah kemudian, ia kembali. "Disana saja," katanya. Kami menyusuri container2 subcont, tibalah di musola. Musolanya bagus. Rasa musolanya enak. Musolanya berkesan aktif digunakan. Musola berkesan banyak orang yang menunaikan. Betul. Sesat kemudian, orang2 datang menunaikan solat asar. Kami menunaikan. Pak Ali sepertinya memang rajin solat. Selesai solat pun kami pergi ke lokasi dimana itu sudah direncanakan Pak Ali.

Site Production

1. Diperkenalkan production project, no 1. No. 2. No. 3. No 4.

2. No.4 adalah targetnya.

3. Kami disana review and check situation and condition plate (duh lupa namanya): ini nanti akan request for painting. tidak semua harus dimal (ditutup pakai isolatip). Ditutup untuk bagian-bagian yang belum diwelding. Semuanya. Ini bukan lagi cek visual weldingan full, melainkan check and follow up coment QC, selanjutnya cek and review apakah barang ini sudah siap for realese, for painting departemen. Saya belum cek drawingnya, tak ada cek drawing; atau untuk sementara tak ada drawing, melainkan list angka-angka (menjukan material yang diperiksa) untuk di cek and review.. beberapa pcs kami saksikan prosesnya, termasuk menutup bagian material sebelum di painting, yakni menggunakan isolatip. Ditutup untuk bagian-bagian yang belum diwelding. Sehingga nantinya bisa dicek and review perihal yang akan diwelding. 

Selanjutnya, kami pun melangkah ke arah yang lain. Derap langkah diantara tanah tandus tepi pantai yang hawa panasnya menguap agak redup. Derap langkah yang kanan kini adalah besi yang sebagian sudah dipainting. Derap langkah diantara orang-orang sedang berusaha menyelesaikannya. Jarak ini bukan hanya satu dua langkah, mungkin butuh 40 langkah atau 50 langkah perjalanan. 

Project² seperti ini, acapkali memang tersita pekerjaannya oleh langkah demi langkah, dari depan menuju lokasi kerja saja lima sampai 10 menit, belum lagi dengan posisi pakaian, alat pelindung diri, yang memberatkan langkah; sehingga langkahnya bukan sekedar langkah ringan. Inilah mengapa ini sebut pekerjaan berat, karena memang banyak alat-alat berat dan dilokasi yang berat.

Dan setibanya pada lokasi yang dituju, tentu saja pada project yang sama, kami mereview pekejaaan baru itu, yang sudah diwelding dan digrinding, perlahan-lahan; diambil buktinya, jenguk sana dan jenguk sini. Menaiki portable. Melihatnya, memberi tanda yang sekiranya diberi tanda. Seperti, kurang luasnya lokasi brush dari jarak weldingnya. Tujuannya, agar dipainting tidak nampak sambungan, sehingga perlu menyambung painting baru dengan painting lama. 

Saya tidak ingat pasti, berapa pcs yang kami cek untuk plate ini. Harusnya ingat. Harusnya itu mengelupas di kepala orang yang sudah biasa: antara actual dan drawing serta nomer-nomernya. Namun setelah pemeriksaan barulah dibuatkan report untuk persiapan NdT, ia membuatnya di kontainer, menginfokan updating kepada grub supaya diketahui, dan itu sampai sore--tidak ingat secara pasti kami di container, yang pasti pukul 17 30 saya ke office untuk faceingjer (namanya apa? Nanti saya searc google).. bertemulah kami dengan tim 6 orang2 baru. 

Hingga menjelang pukul 18.00, kami balik ke lokasi dan balik ke rumah.

**

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kronologi EI & Piping Support

Solid Marker Yellow dan Karakter Orang2nya

Preparation For Test Welder Qualified ke Luar Negeri